Selasa, 14 April 2009

The Six Strategy_Chapter 5

RAJAKARCIS.COM


SEKILAS MENGENAI RAJAKARCIS.COM

Rajakarcis.com adalah sebuah layanan inovatif pemesanan dan penjualan tiket untuk berbagai macam event dalam satu atap (One Stop Ticket Box Shopping) dengan layanan 24 jam. Didirikan sejak awal tahun 2003 oleh beberapa professional muda yang telah berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang internet media, event organizer danadvertising dengan visi bersama : “To be the leading online ticket box services in Indonesia”.

Secara resmi rajakarcis.com diluncurkan pertama kali pada tanggal 1 Mei 2003 dengan tahap awal akan melayani penjualan dengan membuka sebuah outlet khusus yang terletak di pusat ibukota dan melalui website.

Berbagai macam kategori tiket yang akan dilayani untuk dapat dipesan :
- Konser musik
- Hiburan : pertunjukan teater, festival
- Bioskop
- Pertandingan olahraga
- Seminar
- Training/Pelatihan
- Travel/Pariwisata
- Transportasi


THE SIX STRATEGY ANALYSIS OF RAJAKARCIS.COM

1. E-BUSINESS CHANNEL PRIORITIES
Rajakarcis.com menawarkan Real Time Reservation dengan beberapa cara yaitu, direct phone, direct selling, online order by email dan wap hp. Pemesanan yang paling efektif dilakukan melalui telepon, hal ini disebabkan karena informasi yang didapatkan melalui telepon lebih akurat. DIsamping itu proses konfirmasi juga dilakukan melalui telepon. Cara pemesanan yang lain belum terlalu optimal. Disamping itu dilakukan untuk pembelian tiket hanya dapat dilakukan melalui cash apabila dilakukan melalui direct selling, transfer dan internet banking pada rekening tertentu. Disamping itu bukti pembayaran harus dikirimkan melalui fax untuk proses verifikasi. Pelayanan untuk pemesanan dan pembayaran sebaiknya ditingkatkan dengan adanya fasilitas jumlah seat yang tersedia dan juga peningkatan pada proses pembayaran misalnya dengan meningkatkan kerjasama dengan berbagai macam cara pembayaran untuk memudahkan pelanggan.


2. ORGANIZATIONAL RESTRUCTURING AND CAPABILITIES
Model business rajakarcis.com adalah dengan menggunakan in-house division, dimana terdapat PIC (Person in charge) yang melakukan pengembangan dan melakukan maintanance website mereka, hal ini disebabkan karena mereka memperoleh data dari Penyelenggara acara mengenai ketersediaan seat dan juga detail penyelenggaraan event secara kompehensif untuk dipaparkan didalam website sehingga harus melakukan update secara internal.

3. BUSINESS, SERVICE AND REVENUE MODEL
Business Model rajakarcis.com adalah memberikan pelayanan pembelian tiket berbagai macam event secara online dalam satu atap dengan cara pemesanan dan pembayaran yang efektif. Sedangkan revenue modelnya dengan mendapatkan fee dari penyelenggara dan juga adanya margin yang diberikan oleh Penyelenggara dari jumlah penjualan tiket dari website mereka. Untuk servis model rajakarcis.com menyediakan layanan pesan antar dan juga will call, yaitu pengantaran tiket pada saat acara berlangsung.

4. MARKETPLACE RESTRUCTURING
Strategi Rajakarcis.com sebetulnya adalah menjadi intermediary dari Penyelenggara acara kepada Peminat acara dan mempermudah proses transaksi tiket antara penyelenggara dan peminat acara, sehingga Penyelenggara tidak perlu direpotkan dengan masalah ticketing sedangakan peminat acara tidak perlu menghabiskan waktu untuk mengantri saat membeli tiket. Oleh karena itu rajakarcis.com tidak memiliki strategi yang sesuai dengan strategi – strategi yang dipaparkan pada marketplace restructuring.

5. MARKET AND PRODUCT DEVELOPMENT STRATEGIES
Strategi rajakarcis.com yang terkait dengan market and product development strategies adalah pada market development strategies adalah dengan menerapkan e-business untuk meraih segmen pasar yang baru dengan menggunakan online services. Seperti yang kita ketahui bahwa masyarakat urban Jakarta semakin sibuk dan semakin terikat dengan online system sehingga memerlukan pelayanan melalui online pula, dan karena masih sedikitnya pemain online services maka segmen pasar yang baru ini dapat lebih dioptimalkan.

6. POSITIONING AND DIFFERENTIATION STRATEGIES
Strategi ini yang ingin diterapkan oleh rajakarcis.com adalah dengan transactional execllence karena rajakarcis.com mencoba menawarkan sebuah servis yang merupakan kombinasi dari informasi harga penjualan tiket maupun jumlah ketersediaan tiket dan juga detail acara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar