Selasa, 12 Mei 2009

Tugas Chapter 9_Session 6

Tugas : Explain Why Permission Marketing is Required for a B2C site?

Informasi mengenai Permission Marketing

Source : http://www.marketingterms.com/dictionary/permission_marketing/

Permission marketing

Definition :
Marketing centered around obtaining customer consent to receive information from a company.

Information :
Coined and popularized by Seth Godin, permission marketing is the opposite of traditional interruption marketing. Permission marketing is about building an ongoing relationship of increasing depth with customers. In the words of Seth Godin, "turning strangers into friends, and friends into customers."
Permission marketing has been hailed as a way for marketers to succeed in a world increasingly cluttered with marketing messages.

Source : http://www.mavens-group.com/index.php?page=article/index&ArticleID=18

Permission Marketing merupakan praktek marketing terhadap pelanggan setelah pelanggan menyetujui untuk dikirimi newsletter/informasi produk yang sesuai dengan selera pelanggan tersebut. Dalam inbox kita sering terdapat tawaran-tawaran dari produk yang mungkin kita kenal, namun karena kita tidak tertarik (bahkan merasa terganggu) maka kita akan memasukkanya dalam folder junk/spam. Agar promo produk lebih efektif maka permission marketing merupakan metoda yang efektif untuk mencapai target marketnya. Misalnya dalam penggunaan selular, kita sering ditawari informasi event-event provider yang kita pakai/ berita-berita update per hari, jika kita ingin dikirimkan informasi tersebuit maka kita diminta untuk mengetikkan kata ‘registrasi’

Source : http://searchcrm.techtarget.com/sDefinition/0,,sid11_gci213597,00.html

Permission marketing is an approach to selling goods and services in which a prospect explicitly agrees in advance to receive marketing information.
Advocates of permission marketing argue that it is effective because the prospect is more receptive to a message that has been requested in advance and more cost-efficient because the prospect is already identified and targetted. In a world of information overload, automated telemarketing, and spam, most people welcome the idea of permission marketing.

Source : http://en.wikipedia.org/wiki/Business-to-consumer

B2C describes activities of businesses serving end consumers with products and/or services.


Mengapa Permission Marketing penting untuk Situs B2C?

Menurut pendapat saya dan beberapa informasi yang yang didapatkan dari internet, permission marketing cukup penting untuk hubungan antara perusahaan dengan customer pengunjung situs perusahaan. Untuk masyarakat kita sekarang ini dan banyaknya approach marketing dari perusahaan dengan customer, sebagai perusahaan penting untuk melakukan permission marketing sebagai salah satu approach yang efektif kepada customer, efektivitas dari permission marketing akan lebih besar dibanding dengan traditional marketing lainnya. Benefit yang didapatkan oleh perusahaan adalah dapat menarik simpati customer yang dapat memiliki efek jangka panjang bagi perusahaan, seperti yang disampaikan Seth Godin bahwa permission marketing dapat mengubah orang asing menjadi customer karena rasa nyaman yang diberikan perusahaan dengan permission marketing, disamping itu dengan kita dapat mencapai target yang sesuai dan juga adanya unsur cost efficiency dengan adanya target yang tepat dari permission marketing. Apabila dilihat dari sisi customer, customer tidak akan merasa terganggu dengan informasi yang diberikan karena sesuai dengan keinginan sendiri. Permission marketing juga akan memudahkan customer untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan sesuai dengan minat dan juga persetujuan yang telah diberikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar